Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Headers and client library minor version mismatch. Headers:100613 Library:100505 in /home/h450691/public_html/config/koneksi.php on line 13
Akademi Keperawatan "YKY" Yogyakarta


Rabu, 12 April 2023 - 10:18:08 WIB

DIES NATALIS AKPER YKY YOGYAKARTA KE 28 TAHUN 2023

Diposting oleh : IT DEPARTMENT
Kategori: Info Kampus - Dibaca: 263 kali



 

 

 

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT pada tahun 2023 ini Akper “YKY” Yogyakarta merayakan dies natalis yang ke-28 tepatnya 11 April 2023. Dies Natalis tahun ini merupakan sebuah refleksi, semangat, bekerjasama, satu tekad yang sama dan melangkah untuk mencapai kinerja institusi Akper YKY Yogyakarta.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, dunia pendidikan khususnya dihadapkan pada tantangan extraordinary dengan munculnya pandemi Covid-19 yang berdampak dalam sistem pendidikan seperti semakin dihadapkan dengan tantangan dengan kemunculan era digitalisasi yang perubahan begitu cepat dan pesat untuk tetap menjalankan tri darma perguruan tinggi. Disamping menghadapi tantangan transisi pandemi menuju endemi Covid-19 tentunya kehadiran revolusi industri 4.0 dan 5.0 memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan Indonesia termasuk pendidikan dibidang keperawatan.

Mahsisiwa baru pada tahun 2022/2023 berasal dari berbagai daerah di Indonesia, paling barat dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Pulau NTB, Pulai Maluku dan paling timur dari Papua. Prosentase terbanyak sejumlah 35% dari D.I Yogyakarta, urutan kedua 28,2% dari Jawa Tengah.

Sistem perkuliahan dilaksanakan secara hybrid berbasis online atau E-Learning dan tatap muka untuk pembelajaran praktikum/praktik klinik dengan menjalankan protokal Kesehatan. Perkuliahan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan KKNI. Hal ini bertujuan untuk menjawab tuntutan kehadiran revolusi industri 4.0 dan 5.0 dengan adanya inovasi pembelajaran yang berbasis teknologi yang memudahkan mahasiswa dalam belajar tanpa mengenal ruang, waktu dan tempat.Literasi digital dan kreativitas dari seluruh civitas akademika menjadi komponen penting bagi masa depan sehingga institusi pendidikan ditutut mampu mencetak lulusan yang mampu memberikan solusi dan menjadi team work handal dalam tantangan abad 21.

Rata-rata IPK Lulusan dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan dan lebih dari 3,25 dan pada tahun 2021/2022 mencapai 3,81 (tiga koma delapan puluh satu). Capaian uji kompetensi nasional bagi first taker lulusan perawat dari Akper “YKY” Yogyakarta dalam 3 tahun terakhir 98,5% pada tahun  2020  dan tahun 2021 sebanyak100 % dan 97,72 pada tahun 2022.

Sampai saat ini Akper “YKY” Yogyakarta telah mempunyai lulusan lebih dari 2162 lulusan yang tersebar di berbagai daerah dalam dan luar negeri yang bekerja dan mempunyai kompetensi perawat yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan tracer study mengacu Surat Edaran Kemenristekdikti No. 471/B/SE/VII/2017 tentang Pelaksanaan Tracer Study di PerguruanTinggi dan berjalan sesuai jadwal. Pengguna lulusan memberikan penilaian berdasarkan aspek-aspek: 1) etika, 2) keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), 3) kemampuan berbahasa asing, 4) penggunaan teknologi informasi, 5) kemampuan berkomunikasi, 6) kerjasama dan 7) pengembangan diri, dengan dengan hasil penilian berada ada pada kategori Cukup, Baik dan Sangat Baik.

Layanan mahasiswa yang disediakan untuk seluruh mahasiswa dalam bentuk pembinaan, peningkatan dan pengembangan

1. Penalaran, termasuk softskills

2. Karir dan bimbingan kewirausahaan.

3. Kesejahteraan, yang dapat meliputi bimbingan konseling, beasiswa, layanan kesehatan, serta Minat dan bakat, termasuk didalamnya pengembangan kegiatan mahasiswa dan UKM,

 

Akper “YKY” Yogyakarta  mendorong dosen untuk publikasi hasil karya ilmiah serta dan menghasilkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dalam konfrensi nasional dan internasioal melalui presentasi oral atau presetnasi poster. serta publikasi jurnal nasional tidak teraktreditasi, jurnal nasional terindex sinta dan internasional.  Selain itu dosen menghasilan luaran jarya ilmiah berupa Book Chapter dan telah memeproleh HaKI secara nasional.

Profile Dosen Akper YKY  Yogyakarta dengan latar belakang S2 Keperawatan dan Kesehatan, saat ini memliki 11 Dosen ber-NIDN, sebanyak 81% (9 orang) sudah tersertifikasi dosen, 37% (4 orang) dengan jabatan fungsional Lektor, 64% (7 orang) dengan jabatan fungsional Asisten Ahli dan 91 % memiliki STR Profesi Perawat). Saat ini terdapat 1 (satu) orang dosen yang sedang proses setudi lanjut S3 di UGM dan 2 (dua) orang dosen yang akan proses pendaftaran jenjang Spesialis.

Dalam satu tahun terakhir ada 2 orang tenaga kependidikan yang mendapat NITK (Nomor Induk Tenaga Kependidikan) dalam unit kerja Operator dan Laboran. Tenaga kependidikan ber NITK tersebut pada tahun ini akan diikutsertakan untuk mengikuti Sertifikasi Kompetensi yang diadakan oleh Kemendikbud.

Akper “YKY” Yogyakarta telah memiliki Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) untuk yang 24 Standar Nasional Pendidikan Tinggi  yang utama (Pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) serta 9 Standar Perguruan Tinggi Tambahan, dengan total Standar Akper “YKY” Yogyakarta sejumlah 33  Standar.

Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SMPI) pada setiap unit kerja dengan siklus PPEPP untuk menyiapkan pelaksanaan penjaminan mutu ekternal secara nasional dan atau internasional. Pelaksanaan Audit Mutu Internal sudah berjalan sesuai jadwal dengan menggunakan Auditor yang bersertifikasi. Saat ini Akper YKY memiliki 5 orang Auditor internal bersertifikasi.

Akreditasi Institusi Akper Yky Yogyakarta melalui BAN-PT dengan predikat Sangat Baik berdasarkan SK Akreditasi ban-PT no. 896/SK/Akred/PT/IX/2020 dan untuk Akreditasi Program Studi Diploma Tiga Keperawatan terakreditasi LamPT Kes dengan predikat B berdasarkan SK No 0390/LamPT Kes/Akr/Dip/XII/2020.

Tata Pamong mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, Dalam rangka   melaksanakan   tata   kelola   yang   akuntabel, transparan, kredibel, bertanggung jawab dan adil melalui penerapan dan evaluasi secara periodik berbagai  regulasi yang ditetapkan secara internal maupun eksternal.

Akper “YKY” Yogyakarta selalu 100% dan tepat waktu setiap semester dalam melaporkan data PDDIKTI melalui forlap DIKTI untuk Prodi yang ada.

Untuk menunjang dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi, Akper “YKY” Yogyakarta mulai mengembangkan dan memiliki delapan system informasi internal yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi Akademik (Siakad)
  2. Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru / PMB Online
  3. Sistem Informasi Pelacakan Alumni Online (Tracer Study)
  4. Sistem Informasi Perpustakaan Online
  5. Sistem Informasi Pembelajaran Daring / E-Learning
  6. Sistem Informasi Repository
  7. Sistem Informasi Jurnal Online
  8. Sistem Inventaris Online
  9. Sistem Informasi Rekam Jejak Dosen dan Tenaga Kependidikan Online

Data Kerjasama yang dilakukan Akper YKY Yogyakarta terdiri dari kerjasama tahun 2023 untuk kersama luar negeri jumlah 2 dan dalam  negeri sejumlah 47 yang terbagi dalam bidang pendidikan  51%, penelitian 26% dan pengabdian kepada masyarakat 23%.

Dalam hal tata kelola kelembagaan dalam mewujudkan Visi Misi pada tahun 2023 ini sedang berupaya mewujudkan perubahan bentuk kelembagaan Akper “YKY” Yogyakarta menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan serta adanya penambahan dua Program Studi baru.

 

DOKUMENTASI --> DIES YKY KE 28 TAHUN 2023

 



BERITA TERKAIT